Pesona Air Terjun Kedung Kayang Magelang




Berwisata tidak harus mahal. Apalagi jika yang dicari adalah ketenangan dan keindahan alam. Salah satu alternatif yang dapat Anda pertimbangkan adalah Air Terjun Kedung Kayang yang memiliki keasrian luar biasa. Perpaduan sempurna antara landscape pegunungan nan hijau dengan air terjun yang menyegarkan. Air terjun ini berlatar belakang dua gunung besar di Jawa Tengah, yaitu Gunung Merapi dan Merbabu. Air terjun ini juga jauh dari hiruk pikuk pengunjung, meskipun letaknya tidak jauh dari objek wisata Ketep Pass, sehingga Anda bisa menikmati kesejukan alam di kawasan ini dengan nyaman.

Info Ringkas

LokasiCek Google Maps
Harga TiketHTM Rp 4000
Parkir Motor Rp 2000
Parkir Mobil Rp 5000
Asuransi Rp 500
Jam Buka08.00 - 17.00 WIB
KategoriWisata Alam
KegiatanSelfie
Fotografi
Hiking
Menikmati Alam

Lokasi Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun Kedung Kayang berlokasi di Dusun Ngagrong, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Akses jalan menuju objek wisata ini juga sudah cukup memadai, dimana dapat dicapai dengan mudah dari jalan utama Magelang-Boyolali. Artinya, Anda dapat dengan mudah mencapai lokasi baik dari arah Magelang, maupun Boyolali. Berjarak sekitar 29 kilometer dari Kota Magelang dan dapat ditempuh dalam waktu 50 menit dengan kendaraan roda empat. Apalagi jika Anda sedang berada di kawasan wisata Ketep Pass, maka Air Terjun Kedung Kayang ada di sebelah bawahnya ke arah timur.

Spot Selfie Bagi yang Bernyali

Harga Tiket Wisata Air Terjun Kedung Kayang

Tiket masuk ke objek wisata ini sangat terjangkau. Anda cukup membayar Rp 4000 per orang. Jika Anda berkendaraan roda empat, akan dikenakan tiket parkir Rp 5000. Jika berkendaraan roda dua, cukup membayar  Rp 2000. Anda juga diwajibkan membayar biaya asuransi sebesar Rp 500 per orang. Semua dibayarkan pada petugas di loket masuk. Harga tiket tidak termasuk biaya masuk spot selfie di dalam objek wisata. Secara resmi objek wisata ini buka dari jam 08.00 sampai dengan 17.00, namun di luar waktu tersebut Anda tetap bisa berkunjung.

Dari lokasi parkir, Anda akan diarahkan oleh petugas loket ke bagian bawah air terjun dengan menempuh perjalanan melalui jalan perkampungan dan perkebunan warga, yang lebih landai. Namun Anda dapat juga langsung menuju bagian atas air terjun dengan menempuh jalan cor semen di antara rindangnya pepohonan. Air terjun Kedung Kayang sama-sama indah, baik dilihat dari bagian atas, maupun dari bagian bawah.

Merapi Menjulang Nan Gagah

Sebelum sampai ke titik air terjun, pengunjung dapat menikmati indahnya panorama pegunungan lengkap dengan dengan hawa sejuknya. Di kejauhan nampak berdiri gagah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Sementara air terjun berada di bawah, nampak bagai juluran kapas putih di balik pohon-pohon pinus dan rimbunnya belukar. Tersedia  dua spot selfie pohon yang dapat Anda gunakan untuk memperoleh view lebih indah, cukup dengan membayar Rp 5000 per orang. Namun karena letaknya yang berada tepat di atas jurang, sebaiknya Anda siapkan nyali dan tetap berhati-hati saat menaiki wahana tersebut.

Spot Selfie di Atas Jurang

Untuk mengakses bagian atas titik air terjun, tersedia tiga akses yang berbeda. Silakan disesuaikan dengan kondisi fisik masing-masing. Sementara untuk mengakses air terjun dari bawah, Anda perlu melakukan perjalanan cukup jauh dan memutar melalui perkebunan warga, dilanjutkan perjalanan menyusuri sungai sampai ke titik air terjun. Sepanjang musim kemarau, menyusuri sungai Kedung Kayang relatif aman karena debit air berkurang. Namun jika musim penghujan, sebaiknya dihindari karena risiko terseret arus sungai yang deras.

View Air Terjun dari Spot Selfie

Suasana Kedung Kayang yang sejuk dan tenang akan membuat Anda betah berlama-lama menikmatinya. Apalagi jika Anda menikmatinya bersama keluarga atau teman-teman Anda, akan terasa lebih seru. Tentunya siapkan kamera untuk mengabadikan keindahan air terjun dan kebersamaan Anda. Setelah puas meng-eksplore keasrian Kedung Kayang, Anda dapat menikmati aneka kuliner di warung-warung yang dikelola penduduk setempat, dengan harga yang sangat murah, rata-rata di bawah Rp 10.000. Tersedia juga fasilitas toilet yang cukup bersih dengan ongkos Rp 2000 per orang. Jika masih penasaran, silakan saksikan videonya di matalidah-channel Youtube dibawah ini.

1 thought on “Pesona Air Terjun Kedung Kayang Magelang”

  1. Kang Saphi says:

    Jadi pingin piknik ke sana…
    ???

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel Terkait

Top Selfie Magelang, Hutan Pinus InstagenicTop Selfie Magelang, Hutan Pinus Instagenic



Top Selfie adalah nama populer dari Hutan Pinus Kragilan yang berlokasi di Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. Berjarak hanya 4 kilometer dari Objek Wisata Ketep Pass. Menyuguhkan paduan instagenic antara estetika alam dengan aneka spot selfie menarik. Cocok bagi Anda yang gemar selfie dan membagikannya di instagram atau media