Pesona Baru SENDANG SENGON Temanggung

MataLidah kali ini berkunjung ke Sendang Sengon, salah satu destinasi wisata yang cukup tersembunyi di Kabupaten Temanggung. Sesuai namanya, Sendang Sengon merupakan telaga kecil dengan sumber air alami yang sangat jernih dan selalu mengalir sepanjang waktu. Oleh masyarakat sekitar, sendang ini awalnya dimanfaatkan sebagai tempat pemandian umum dan irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, Sendang Sengon yang indah dan rindang mulai dikembangkan sebagai objek wisata. Bahkan pada tahun 2020, Sendang Sengon direnovasi oleh Kementerian PUPR dan Pemerintah Kabupaten Temanggung, sehingga memiliki pesona baru yang lebih menarik dan layak dikunjungi oleh wisatawan luar daerah.

Lokasi Sendang Sengon : Sendang Sengon berada di wilayah Desa Banjarsari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Indonesia. Berjarak sekitar 20 menit dari Kota Parakan menggunakan sepeda motor atau mobil. Lokasinya relatif mudah ditemukan menggunakan bantuan Google Maps DISINI. Sendang Sengon sendiri terletak di kaki Gunung Sindoro, sehingga memiliki hawa yang sejuk dan segar, khas suasana pegunungan.

Daya Tarik Utama Sendang Sengon Temanggung : Sendang Sengon memiliki air yang sangat jernih dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Uniknya, meskipun bernama Sendang Sengon, tapi tidak ada satupun pohon sengon atau albasia yang tumbuh di sekitar sendang. Justru yang cukup menonjol adalah pohon beringin besar yang berusia ratusan tahun yang menaungi sumber air dengan juntaian akar nafas yang sangat lebat, sehingga sangat menarik sebagai spot foto instagramable. Ada juga pohon yang tumbuh condong ke arah kolam, menjadi tempat favorit anak-anak untuk melompat terjun ke segarnya air sendang. Di tengah sendang, terdapat gazebo berukuran sedang dengan desain joglo unik lengkap dengan jembatan penyeberangan yang artistik. Gazebo-gazebo ukuran kecil juga dibangun di sekitar sendang, sangat pas untuk tempat nongkrong sambil menikmati indahnya suasana. Wisatawan yang berkunjung ke Sendang Sengon Temanggung, biasanya bertujuan untuk menikmati pesona alam, bermain air, dan berfoto ria untuk dibagikan di media sosial.

Tiket Masuk Sendang Sengon Temanggung : Harga tiket ke kawasan Sendang Sengon sangat terjangkau. Wisatawan cukup membayar tiket masuk RP 5000 per orang, tiket parkir Rp 5000 untuk mobil atau RP 2000 untuk sepeda motor. Harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah. Tersedia lokasi parkir yang luas, representatif dan aman di dekat pemukiman warga, sekitar 200 meter dari sendang. Sebelum berkunjung ke Sendang Sengon, sebaiknya saksikan keindahannya dulu DISINI atau melalui video berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.