Pesona Wisata Alam Gumuk Reco Semarang

Meng-explore keindahan alam Jawa Tengah memang seakan tidak ada habisnya. Dari hutan yang menghijau sampai pantai yang memukau, semua ada di provinsi ini. Berkat maraknya penggunaan media sosial, banyak orang berburu objek wisata baru. Di lain pihak, muncul kesadaran dari masyarakat untuk mengelola keindahan alam di wilayahnya dan menawarkannya kepada wisatawan. Salah satu objek wisata yang lahir dari proses tersebut adalah Wisata Alam Gumuk Reco yang berlokasi di Kabupaten Semarang.

Garbang Wisata Alam Gumuk Reco

Lokasi Wisata Alam Gumuk Reco

Objek Wisata Alam Gumuk Reco berlokasi di kawasan Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Desa Sepakung merupakan desa wisata yang berada di kaki Gunung Telomoyo. Desa wisata ini terkenal dengan spot-spot keindahan alamnya yang menakjubkan. Salah satunya Objek Wisata Gumuk Reco yang menawarkan perpaduan antara keindahan alam dengan wisata ekstrem yang memacu adrenalin. Gumuk Reco merupakan nama tempat dalam Bahasa Jawa, yang memilki arti Bukit Arca atau Bukit Patung. Dinamakan demikian, konon karena dahulu di tempat ini terdapat batu mirip arca atau patung besar, yang kini keberadaanya tidak diketahui.

Lokasi ini hanya berjarak sekitar 12 kilometer dari Ambarawa dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat sekitar 30 menit. Jika Anda menggunakan sepeda motor, waktu tempuh bisa lebih pendek lagi. Jalanan mulai sempit dan menanjak, setelah Anda belok kanan dari Jalan Muncul Raya. Bahkan 5-10 menit menjelang lokasi, jalanan cukup terjal. Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dan gunakan gigi rendah.

Hamparan Sawah Berpadu Hijaunya Hutan

Begitu memasuki kawasan Wisata Alam Gumuk Reco, Anda akan langsung disambut oleh rindangnya pepohonan dan aneka tanaman dengan hawa pegunungan yang menyegarkan. Pengelola telah menyiapkan sarana dan prasarana yang cukup lengkap, seperti spot-spot selfie, wahana ekstrem, gazebo-gazebo, dan toilet. Keindahan yang sesungguhnya berada di tepi tebing yang menghadap perbukitan hijau dan Gunung Merbabu di kejauhan. Dibawah tebing, terhampar hijaunya areal persawahan. Bahkan jika Anda menghadap ke arah timur, terlihat pemandangan elok Rawa Pening. Sungguh menyejukkan mata.

Spot Selfie Memikat Hati

Bagi Anda yang cukup bernyali, tersedia wahana Ayunan Langit (ayunan besar yang diayun di atas tebing), Ondo Langit (jembatan sepanjang 40 meter yang menempel di atas tebing batu), dan Jembatan Kayu di sela pepohonan. Bagi Anda yang ingin sekedar menikmati keindahan alam, tersedia beberapa gazebo dan empat duduk yang menghadap hamparan persawahan. Bagi Anda yang gemar selfie, tersedia aneka spot seperti sarang burung, helipad, lingkaran bambu, dan lain-lain, yang hampir semuanya berada di bibir tebing. Pastikan Anda mengutamakan keselamatan dan mengikuti ketentuan pengelola.

Jembatan Kayu Antar Pepohonan

Harga Tiket Wisata Alam Gumuk Reco

Harga tiket masuk objek Wisata Alam Gumuk Reco sangat terjangkau. Hanya Rp 5000 per orang. Tiket parkir kendaraan roda dua Rp 2000 dan roda empat Rp 5000. Sementara untuk menikmati wahana-wahana khusus, Anda akan dikenai tarif Rp. 10.000 per orang  untuk meniti jembatan kayu, Rp. 10.000 per orang untuk Ayunan Langit, dan Rp. 25.000 per orang untuk menyusuri Ondo Langit. Harga sudah termasuk sewa perlengkapan keselamatan.

Ondo Langit Bagi Yang Bernyali

Objek wisata ini buka 24 jam, namun waktu terbaik untuk menikmatinya adalah pagi atau sore hari. Untuk menjajal wahana ekstrem, Anda harus bersabar karena baru buka diatas jam 09.00, terutama di luar hari Minggu.

Spot Selfie Sarang Burung

Saksikan juga videonya di MataLidah-Channel Youtube…

2 thoughts on “Pesona Wisata Alam Gumuk Reco Semarang”

  1. Perjalanan ke sana memang menantang…. Tapi worthed sih, karena kita akan dimanjakan dengan keindahan alam yang menakjubkan…

Leave a Reply

Your email address will not be published.