RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, Green Hospital yang Rindang

Akhir pekan kali ini, MataLidah berkunjung ke RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, sebuah rumah sakit cagar budaya peninggalan Hindia Belanda yang berlokasi di Jl. A. Yani No. 169, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, sekitar 4 kilometer dari pusat Kota Magelang.

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang dibangun sejak tahun 1916 dan mulai beroperasi merawat pasien gangguan jiwa sejak 1923. Awalnya bernama Krankzinningengesticht Kramat, RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang memiliki ciri arsitektur khas Belanda dengan tata letak bangunan yang simetris. Dirancang oleh Insinyur Scholten, seorang arsitek asli Belanda.

Hampir seluruh area di RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang ditumbuhi aneka pepohonan yang rindang dan dihiasi taman-taman yang tertata rapi, menghadirkan nuansa hijau dan sejuk sesuai spirit Green Hospital. Beberapa pohon yang tumbuh menjulang di sekitar bangunan lama, telah berusia puluhan tahun atau hampir sama dengan usia rumah sakit tersebut. Keasrian dan kerindangan RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, menjadikannya menarik sebagai destinasi hospital tourism.

2 thoughts on “RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, Green Hospital yang Rindang”

  1. Salah satu RS tertua di Indonesia yang masih lestari. RSJ Soerojo yang hijau royo2
    ???

Leave a Reply

Your email address will not be published.