Wisata Religi dan Budaya di Kebun Raya Gunung Tidar, Kota Magelang

Weekend kali ini, MataLidah mengunjungi Kebun Raya Gunung Tidar, sebuah bukit yang masih terpelihara alami dan asri di tengah Kota Magelang, tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman, Kecamatan Magelang Selatan. Keasrian Gunung Tidar tercipta karena banyaknya pohon pinus dan aneka vegetasi lainnya yang tumbuh rindang mulai kaki sampai puncak bukit. Aneka satwa seperti monyek ekor panjang, ular dan elang Jawa juga masih banyak dijumpai di bukit ini. Tidak berlebihan jika Gunung Tidar diberi label Kebun Raya.

Untuk naik ke puncak Gunung Tidar, wisatawan harus menyusuri ratusan anak tangga yang terbuat dari batu candi lengkap dengan pegangan besi di kanan dan kirinya. Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke puncak. Sebelum sampai ke puncak, terdapat situs makam Syekh Subakir dan Kyai Sepanjang, yang selalu ramai dikunjungi peziarah.

Di kawasan puncak Gunung Tidar, terdapat ruang terbuka hijau yang cocok untuk aneka aktivitas, juga terdapat aneka bangunan ikonik yang menarik atensi wisatawan terutama untuk background selfie. Ada juga beberapa petilasan seperti makam Kyai Semar dan tempat pertapaan Raden Purbaya di bawah pohon beringin besar. Gunung Tidar lekat pula dengan cerita misteri, mitos dan legenda, sehingga menarik bagi wisatawan yang gemar dengan aktivitas napak tilas dan ziarah. Sehingga membuat Gunung Tidar menjadi destinasi wisata budaya dan religi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.