Yogyakarta International Airport (YIA): Bandara Keren, Seru Buat Jalan-Jalan

Setelah mengeksplorasi Pantai Glagah Indah Yogyakarta dan Sigandul View Temanggung, kali ini MataLidah menikmati jalan-jalan seru ke Yogyakarta International Airport (YIA), bandara keren di Kulon Progo, Yogyakarta. Meskipun letaknya cukup jauh dari pusat Kota Yogyakarta, namun karena merupakan satu-satunya bandar udara komersial dengan penerbangan domestik dan internasional terlengkap di Yogyakarta, membuat Yogyakarta International Airport sangat populer dan banyak dikunjungi oleh para penumpang dan pengantarnya sepanjang jam operasional, terutama pada saat weekend dan hari libur nasional.

Lokasi Yogyakarta International Airport: Yogyakarta International Airport (YIA) berada di wilayah Desa Palihan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Lokasinya bersebelahan dengan PANTAI GLAGAH INDAH dan berjarak 45 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi Yogyakarta International Airport mudah ditemukan menggunakan bantuan Google Maps DISINI. Yogyakarta International Airport cukup mudah dijangkau dari berbagai wilayah karena terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum. Salah satunya terhubung dengan layanan kereta api oleh Yogyakarta International Airport Rail Link yang memungkinkan perjalanan langsung antara pusat Kota Yogyakarta ke bandara atau sebaliknya. Tersedia juga layanan suttle bus DAMRI dengan tujuan Bandara Adisucipto, Stasion Wajo, Magelang, Purworejo dan Kebumen. Sementara untuk rute Purwokerto dan Cilacap difasilitasi oleh layanan bus Satelqu.

Daya Tarik Yogyakarta International Airport: Yogyakarta International Airport merupakan bandar udara komersial baru yang dikembangkan untuk menggantikan Bandara Adisucipto Yogyakarta. Yogyakarta International Airport mulai beroperasi sejak 6 Mei 2019 dan beroperasi secara penuh mulai 29 Maret 2020 dengan semua penerbangan terjadwal. Yogyakarta International Airport memiliki desain unik dan ikonik yang menggabungkan konsep modern dan tradisional, yang terlihat kental mulai dari kawasan luar sampai dalam bandara. View sekitar bandara juga tak kalah menawan, di sebelah selatan terhampar pantai dan pemandangan laut, sedangkan di sebelah utara berderet  indah gugusan perbukitan Menoreh. Posisi runway atau landas pacu Yogyakarta International Airport juga berbatasan langsung dengan kawasan wisata PANTAI GLAGAH INDAH, sehingga penumpang akan dimanjakan dengan view pantai saat pesawat lepas landas atau mendarat. Daya tarik lainnya dari Yogyakarta International Airport adalah tersedianya banyak area yang bisa diakses oleh pengunjung bandara non penumpang, mulai dari area depan terminal keberangkatan yang memiliki desain atap yang unik, area depan terminal kedatangan dengan kolam luasnya, serta kawasan Tugu Malioboro yang merupakan pusat hiburan dan belanja terpadu. Fasilitas pendukungnya juga sudah sangat lengkap, modern dan nyaman seperti toilet yang bersih, tempat parkir luas, masjid dengan desain estetik, dan stasiun kereta bandara terintegrasi. Yogyakarta International Airport makin seru buat jalan-jalan dengan hadirnya aneka spot foto estetik di kawasan Tugu Malioboro yang sangat cantik untuk background berselfie ria. Bahkan sering ada pertunjukan berbagai tari tradisional seperti tari ndolalak dan tari anoman di area Tugu Malioboro dan area depan terminal keberangkatan. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan pengunjung di Yogyakarta International Airport antara lain jalan-jalan, foto-foto, menikmati aneka kuliner, berbelanja aneka souvenir, dan menonton pertunjukan tari tradisional.

Harga Tiket Masuk Yogyakarta International Airport: Untuk memasuki kawasan Yogyakarta International Airport tidak ada tiket masuk yang harus dibayar. Pengunjung dengan kendaraan pribadi hanya dipungut biaya parkir sesuai jenis kendaraan masing-masing. Yogyakarta International Airport buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 05.00 sampai pukul 21.00 WIB. Makin penasaran dengan kondisi Yogyakarta International Airport? Silakan saksikan pesonanya DISINI atau lewat video berikut ini.