Pesona PANTAI TANJUNG LESUNG, Banten | Tiga Tahun Pasca Tsunami

Setelah selalu fokus mengeksplorasi destinasi-destinasi wisata di wilayah Propinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, kali ini MataLidah mengunjungi PANTAI TANJUNG LESUNG, salah satu destinasi wisata pantai yang sangat populer di wilayah Propinsi Banten dan sekitarnya. Pesona keindahannya pun tidak kalah dengan Pantai Anyer dan Pantai Carita, meskipun belum sepenuhnya pulih setelah diterjang tsunami pada tahun 2018. Bahkan beberapa bangunan ikonik yang sebelumnya pernah ada, seperti dermaga atau jembatan yang menjorok ke laut, belum dibangun kembali. Namun perlahan-lahan, setelah tiga tahun pasca tsunami, infrastruktur dan akses jalan menuju PANTAI TANJUNG LESUNG telah diperbaiki dan bahkan lebih lebar, sehingga mulai banyak wisatawan yang memilih untuk menyambanginya, terutama saat weekend dan hari libur nasional.

Lokasi PANTAI TANJUNG LESUNG: PANTAI TANJUNG LESUNG terletak di Jl. Raya Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Lokasinya berdekatan dengan destinasi-destinasi populer lainnya di wilayan Tanjung Lesung seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Tanjung Lesung Beach Hotel & Resort, La Lassa Tanjung Lesung Beach Club, dan Camp Selat Sunda Anglers Club. PANTAI TANJUNG LESUNG berjarak sekitar tiga jam perjalanan dari pusat kota Serang, ibukota Propinsi Banten, menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Lokasinya pun mudah ditemukan menggunakan bantuan Google Maps DISINI. Saat MataLidah berkunjung, bulan Desember 2021, jalan akses ke PANTAI TANJUNG LESUNG sedang dilakukan perbaikan, sehingga banyak rekayasa lalu lintas yang dilakukan.

Daya Tarik PANTAI TANJUNG LESUNG: PANTAI TANJUNG LESUNG adalah salah satu pantai indah yang berada di garis pantai ujung barat Pulau Jawa di tepi Selat Sunda. Disamping berpasir putih, PANTAI TANJUNG LESUNG juga memiliki air yang jernih kebiruan, sehingga karang dan puing-puing bangunan di dasar pantai dapat terlihat cukup jelas oleh wisatawan. Ombak di PANTAI TANJUNG LESUNG juga tergolong sangat tenang, tidak seperti ombak di pantai-pantai sisi selatan Pulau Jawa yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Aktivitas menarik yang biasa dilakukan wisatawan di PANTAI TANJUNG LESUNG antara lain bermain air, bermain pasir, menyusuri pantai, snorkeling, diving, piknik dan selfie. Saat matahari terbenam, PANTAI TANJUNG LESUNG memiliki pemandangan sunset yang luar biasa indah. Tak heran, banyak wisatawan yang memutuskan untuk camping di dekat pantai atau staycation di hotel atau resort yang ada di sekitar pantai. Dari PANTAI TANJUNG LESUNG, wisatawan juga dapat menikmati keindahan Gunung Anak Krakatau dari kejauhan.

Harga Tiket Masuk PANTAI TANJUNG LESUNG: Untuk memasuki PANTAI TANJUNG LESUNG di area La Lassa Tanjung Lesung Beach Club, wisatawan dipungut biaya sebesar Rp 45.000 per orang, sudah termasuk tiket parkir. Bagi wisatawan domestik yang tidak berniat menginap, sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman yang cukup, karena harga makanan dan minuman di resto-resto sekitar PANTAI TANJUNG LESUNG cukup mahal.

PANTAI TANJUNG LESUNG buka sepanjang waktu selama 24 jam, namun waktu kunjung terbaik adalah pagi hari atau sore hari saat hari cerah. Makin penasaran dengan kondisi PANTAI TANJUNG LESUNG tiga tahun pasca tsunami? Silakan saksikan pesonanya DISINI atau lewat video berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.